Kekeringan di Cirebon Makin Meluas

Hujan yang tidak turun selama beberapa bulan ini membuat sumur kami kering," tutur Yani, warga Desa Guwa Kidul Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon,
Untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, dia terpaksa harus membeli karena air yang ada sudah tidak layak dikonsumsi. "Untuk kebutuhan minum, masak, mandi, dan mencuci terpaksa saya harus beli. Harga per jerikennya Rp2.000," kata dia.

Kondisi tersebut, kata dia, terjadi setiap tahun dan cukup menyusahkan warga. Mereka harus mencari sumber-sumber mata air hanya untuk mendapatkan seember air. Bahkan, mereka terpaksa harus mengantri untuk mendapatkan air di sumur warga lain yang masih ada sumber airnya.

"Setiap tahun kondisinya selalu begini. Musim kemarau membuat saluran irigasi kering, sementara jaringan PDAM di sini juga nggak ada," ujar dia.

Biasanya, setiap musim kemarau desanya selalu mendapat bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Cirebon yang disalurkan melalui PDAM. Tetapi kali ini bantan tersebut belum ada.

Kekeringan juga dirasakan, Zaenudin, warga Kaliwedi lainnya. Kemarau membuat sumurdi rumahnya kering. Untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari terpaksa dia harus membeli air untuk mengisi sumurnya tersebut.

"Untuk mengisi sumur saya harus mengeluarkan dana sebesar Rp90.000. Air tersebut bisa dipakai buat kebutuhan selama sekitar dua minggu. Itu pun hanya untuk kebutuhan mandi dan mencuci," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Guwa Kidul Ade Firdaus meminta Pemkab Cirebon segera segera turun tangan untuk mengatasi persoalan krisis air di desanya tersebut. "Krisis air di desa kami sudah sangat parah. Selain ketiadaan air bersih, air untuk rarusan hektare areal persawahan juga tidak ada sehingga terancam puso," tegas Ade.
Share this article :
 

Posting Komentar

Free Homepage Translation
TUTUP

PEMBERITAHUAN !

Anda merasa mendapat manfaat dari artikel-artikel blog ini, jangan lupa klik iklan diatas, sebagai bentuk apresiasi dan donasi terhadap blog
RAKYAT CIREBON

Terima Kasih ^_^

Support : Creating Website | Aat Template | Blooger Template
Copyright © 2011. BERITA CIREBON - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Template
Proudly powered by Blogger
Facebook Twitter Fans Page
Gratis Berlangganan artikel Rakyat Cirebon via mail, join sekarang!
Selamat datang di Rakyat Cirebon Blog | Terima kasih atas kunjungnya dan semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua | Bagi anda yang mau pasang iklan di blog ini bisa KLIK DISINI | Jangan lupa klik salah satu iklan biar blog ini tetap bisa update ^_^