Perluasan Polres Cirebon Kota Terancam Batal

Berdasarkan Surat Keputusan (Skep) Kapolda Jabar Nomor 494/VI/2012, enam kecamatan di Kabupaten Cirebon telah ditetapkan masuk ke wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

"Keputusan yang ditetapkan tanggal 25 Juni 2012 tersebut menuai pro-kontra dan terancam dicabut karena dinilai dapat menimbulkan situasi tidak kondusif," kata sumber terpercaya di kepolisian yang enggan disebutkan identitasnya.

Padahal, keputusan tersebut akan efektif dilaksanakan pada awal Agustus mendatang. Namun, upaya tesebut ditentang sejumlah kalangan. Bahkan, Bupati Cirebon, Dedi Supardi melayangkan surat penolakan atas perluasan wilayah hukum tersebut.

"Perluasan wilayah hukum sendiri sebenarnya berawal dari adanya aturan yang menyebutkan Polres atau Polres Kota harus memiliki paling sedikit lima Polsek. Sedangkan Polres Cirebon Kota baru memiliki tiga polsek," kata sumber tadi.

Untuk meminimalisir konflik, terkait rencana perluasan wilayah hukum tersebut, unsur Muspida Kabupaten Cirebon dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun telah melakukan pembicaraan dengan Kapolda Jabar, Irjen Polisi Putut Eko Bayu Seno yang pada intinya membatalkan penetapan perluasan wilayah hukum tersebut.

"Solusinya, Polres Cirebon Kota akan membangun tiga polsek di tiga kecamatan di wilayah hukum polres setempat yang belum ada polseknya," papar dia.

Kepala Badan koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BPKP) Ano Sutrisno membenarkan adanya surat keberatan dari Bupati Cirebon terkait perluasan wilayah hukum tersebut..

"Kami juga menerima tembusannya. Namun, keputusannya ada di tangan Kapolri," kata Ano.

Sementara itu, aktivis Badan Peserta Hukum Masyarakat atau Lembaga Missi Reclassering Republik Indonesia (LMR-RI) Cirebon, Khaeron menganggap wajar perluasan wilayah hukum tersebut. Apalagi tujuannya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Saya kira tidak ada masalah dengan perluasan wilayah hukum tersebut. Toh tidak mempengaruhi tata pemerintahan otonomidaerah," tegasnya.
Share this article :
 

Posting Komentar

Free Homepage Translation
TUTUP

PEMBERITAHUAN !

Anda merasa mendapat manfaat dari artikel-artikel blog ini, jangan lupa klik iklan diatas, sebagai bentuk apresiasi dan donasi terhadap blog
RAKYAT CIREBON

Terima Kasih ^_^

Support : Creating Website | Aat Template | Blooger Template
Copyright © 2011. BERITA CIREBON - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Template
Proudly powered by Blogger
Facebook Twitter Fans Page
Gratis Berlangganan artikel Rakyat Cirebon via mail, join sekarang!
Selamat datang di Rakyat Cirebon Blog | Terima kasih atas kunjungnya dan semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua | Bagi anda yang mau pasang iklan di blog ini bisa KLIK DISINI | Jangan lupa klik salah satu iklan biar blog ini tetap bisa update ^_^