Swasembada Beras Kab Cirebon Terancam Gagal

Terus menyempitnya lahan lahan pertanian produktif di Kabupaten Cirebon dipastikan akan berpengaruh pada produksi pangan di daerah tersebut," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Cirebon, Mae Azhar,

Akibatnya, kata dia, program swasembada beras Kabupaten Cirebon pada 2014 mendatang terancam tidak tercapai. Selain itu, alih fungsi lahan pertanian produktif dinilainya akan menimbulkan pengangguran akibat hilangnya mata pencarian pada sektor pertanian.

"Padahal, penyerapan tenaga kerja dari sektor pertanian ini tergolong besar,” tambahnya.

Dia menyebutkan, ribuan hektare lahan pertanian produktif di Kabupaten Cirebon telah disulap menjadi kawasan permukiman maupun industri. Alih fungsi lahan produktif dapat terlihat pada bagian barat hingga timur Kabupaten Cirebon, terutama untuk kawasan permukiman. Sejumlah lokasi yang saat ini marak dibangun permukiman antara lain di Kecamatan Kedawung, Plumbon, Weru, Talun, Arjawinangun, Lemahabang, Pangenan, Mundu dan Astanajapura.

"Harus diakui, pertumbuhan penduduk yang terus meningkat membuat kebutuhan akan tempat tinggal pun meninggi," kata dia.

Karenanya, ia meminta pihak pemerintah daerah (pemda) agar mengambil langkah konkrit untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan (Distanbunnakhut) Kabupaten Cirebon Ali Effendi mengakui banyaknya areal pertanian produktif yang beralih fungsi menjadi permukiman dan kawasan industri.

"Alih fungsi lahan pertanian kebanyakan untuk perumahan. Selain itu untuk pembangunan infrastruktur lainnya, seperti halnya jalan tol serta PLTU," kata Ali.
Share this article :
 

Posting Komentar

Free Homepage Translation
TUTUP

PEMBERITAHUAN !

Anda merasa mendapat manfaat dari artikel-artikel blog ini, jangan lupa klik iklan diatas, sebagai bentuk apresiasi dan donasi terhadap blog
RAKYAT CIREBON

Terima Kasih ^_^

Support : Creating Website | Aat Template | Blooger Template
Copyright © 2011. BERITA CIREBON - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Template
Proudly powered by Blogger
Facebook Twitter Fans Page
Gratis Berlangganan artikel Rakyat Cirebon via mail, join sekarang!
Selamat datang di Rakyat Cirebon Blog | Terima kasih atas kunjungnya dan semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua | Bagi anda yang mau pasang iklan di blog ini bisa KLIK DISINI | Jangan lupa klik salah satu iklan biar blog ini tetap bisa update ^_^